Selasa, 05 Maret 2019

EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT MEMBENTUK KARAKTER ANAK



Pencak Silat merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan  oleh SDN 2 Tanjung. Kegiatan ini dilakukan secara terjadwal yaitu setiap hari Rabu mulai pukul 16.00 WIT. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas III - VI yang memiliki minat terhadap kegiatan ini. SDN 2 Tanjung menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler pencak silat adalah menjaring anak-anak untuk ke depannya bisa mengikuti perlombaan-perlombaan pencak silat baik di tingkat kecamatan, kabupaten bahkan di tingkat provinsi. Selain itu, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai olahraga beladiri, pencak silat  banyak manfaat untuk anak. Gerakan-gerakan pada pencak silat sangat baik untuk melatih motorik anak agar lebih kuat dan cekatan. Dengan begitu, daya tahan tubuh anakpun akan meningkat sehingga si anak tidak mudah sakit. selain manfaat bagi kesehatan tubuh, berlatih pencak silat juga sangat baik untuk pembentukan karakter anak, seperti berlatih pencak silat tentu bukan hanya sekedar melatih jurus-jurus atau gerakan-gerakan memukul, menendang, menghindar atau bertahan, tetapi juga melatih mentalnya. Misalnya saja saat ujian kenaikan tingkat, anak akan dihadapkan pada beberapa tantangan seperti bertarung, yang tentunya butuh keberanian. 

Dari pertarungan ini, anak belajar untuk berani menghadapi laan, beranimengambil keputusan kapan menghindar, atau kapan harus menyerang. Anak harus cepat dan berani mengambil inisiatif  lawan mengalahkannya.
Pencak silat mengajarkan kedisiplinan pada anak. Anak harus tepat waktu mengikuti jadwal latihan dengan sungguh-sungguh menjalaninya, karena kedisiplinan merupakan salah satu kunci sukses dalam menguasai ilmu bela diri. Selain itu kegiatan ini juga mengajarkan sportivitas pada anak.Hal tersebut sangat penting untuk perkembangan anak, karena di dalam sportivitas terkandung makna jujur untuk mengakui kehebatan lawan, adil dan tidak curang dalam berkompetisi, serta punya etika baik dalam merayakan kemenangan maupun menerima kekalahan. 



0 komentar:

Posting Komentar